Mengenal Candi Nusantara,Yuk!

    Hello,semua!Bertemu lagi deh kita!Sekarang siapa yang suka sejarah candi?Kalau itu kalian pas banget soalnya kita akan membahas nama nama candi nusantara di Indonesia!Mau tau?Ayo kita lihat!

    Yang kesatu adalah Candi Sojiwan. Dibangun oleh Dinasti Mataram Kuno sekitar tahun 842-850M. Tinggi:27 meter. Fungsi: Dulu:Tempat suci ibadah bagi umat Buddha untuk pemujaan. Penghormatan Raja Balitung untuk neneknya yaitu Nini Haji Rakryan Sanjiwana. Sekarang:Cagar budaya,tempat wisata bersejarah. Lokasi:Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Yang kedua adalah Candi Jawi . Dibangun oleh Kerajaan Singasari tahun 1268-1292M. Tinggi:24,5 meter. Fungsi: Dulu:Tempat pedharmaan atau penyimpanan abu dari raja terakhir Singasari,Kertanegara. Sekarang:Tempat wisata sejarah. Lokasi:Pasuruan.

    Yang ketiga adalah Candi Prambanan. Dibangun oleh Kerajaan Medang Mataram sekitar tahun 850M(abad ke-9). Tinggi:47 meter. Fungsi: Dulu:Persembahan untuk Dewa Syiwa. Sekarang:Tempat wisata sejarah. Lokasi:Daerah Istimewa Yogyakarta.


    Yang keempat adalah Candi Asu Sengi. Dibangun oleh Dinasti Sanjaya sekitar tahun 869M. Tinggi:5,6 meter. Fungsi: Dulu:Tempat suci untuk melakukan pemujaan arwah leluhur dan dewa-dewa. Sekarang:Cagar budaya,tempat wisata sejarah. Lokasi:Magelang.

    Yang kelima adalah Candi Borobudur. Dibangun oleh Dinasti Syailendra tahun 750-825M. Tinggi:35 meter. Fungsi: Dulu:Tempat peziarah umat Buddha dari China,India,Tibet dan Kamboja (abad ke-9 sampai 11). Sekarang:Tempat penyimpanan Dhatugarba(peninggalan-peninggalan benda suci. Penghormatan Buddha. Tempat wisata sejarah. Lokasi:Magelang.

     Candi candi lainnya diantaranya adalah Candi Muara Takus. Candi Muara Takus adalah salah satu peningggalan kerajaaan Buddha Sriwijaya. Berada di Kecamatan XIII Koto Kampar,Kabupaten Kampar. Candi ini peninggalan Sriwijaya tertua dan simbol kejayaan kerajaan ini.

     Candi Penantaran juga salah satunya. Candi Penantaran atau Candi Palah adalah sebuah gugusan candi beragama Hindu Siwaitis. Terletak di Desa Panantaran,Kecamatan Nglengok,Kabupaten Blitar,Jawa timur. Fungsi:mandir. Sudah ada sejak Kerajaaan Kediri. Dibangun tahun 1194.
                                                                                                      To Be Continued....
sumber:majalah bobo,XLIII(dengan sedikit tambahan).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk,Kita Kenali 5 Warna Penting Untuk Kesehatan

Kokoru Itu Apa,Sih?

My Name Is Malya